Ibukota

Bisnis di Kalijodo Menggiurkan, Perputaran Uangnya 1 Miliar Perhari

kalijodo82
Ayonews, Jakarta
Kalijodo memang menggiurkan. Bisnis perjudian, prostitusi dan segala gemerlap dunia hiburan malam tersaji di sini. Tak heran, mereka yang sudah terbiasa dengan bisnis haram ini berusaha mati-matian agar Kalijodo tak digusur Pemprov DKI.
Tapi Pemprov sudah tegas dengan keputusan bahwa penghuni Kalijodo harus ‘angkat kaki’ karena menempati kawasan hijau secara ilegal. Tempat itu akan dijadikan Taman Pisang dan menjadi paru-paru ibukota.
Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi menjelaskan perputaran uang dalam sehari dari bisnis di Kalijodo itu bisa mencapai Rp 1 miliar. Angka yang cukup fantastis berbisnis hiburan malam di pinggiran Jakarta.
“Rp 1 miliar sehari. Luar biasa,” ujar Rustam Effendi usai rapat bersama di Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (17/2/2016).
Pemprov DKI berulang kali menegaskan penertiban Kalijodo bukan karena praktik prostitusi, melainkan karena penempatan kawasan hijau yang harus dikembalikan lagi kepada fungsinya semula.
Tapi Pemprov juga bertanggungjawab dengan menyiapkan rusun bagi warga Kalijodo yang memiliki KTP DKI. Begitu juga bagi pekerja seks komersial (PSK) atau pekerja lainnya Kalijodo lain akan disiapkan pekerjaan pengganti yang disesuaikan dengan kemampuan mereka.
“Nggak mungkin PSK langsung kerja, masukkan dulu ke balai kerja, pelatihan,” terang Rustam soal prosedurnya.(***)

Most Popular

To Top