Ibukota

Daeng Aziz Nuntut Uang PBB Dibalikin, Ahok Nagih Sewa Lahan Negara

Daeng-Azis-pentolan-Kawasan-Kalijodo-menyambangi-kantor-Komnas-HAM-memakai-mercy---islamnkri-com-_15-02-16-15-38

Daeng Aziz, tokoh masyarakat Kalijodo mendatangi Komnas HAM naik mercy. Daeng Aziz mengadu ke Komnas HAM terkait rencana Gubernur DKI Jakarta menggusur kawasan Kalijodo.

Ayonews, Jakarta
Tokoh masyarakat Kalijodo Daeng Aziz menuntut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengembalikan uang pajak bumi dan bangunan (PBB) yang telah dibayarkan selama 36 tahun menetap di sana. Daeng Aziz mengaku tiap tahun ia bayarkan uang sejumlah 18 juta kepada negara atas tanah yang ditempatinya.
Bagaimana tanggapan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok tentang tuntutan Daeng Aziz. Dan mereka juga menolak direlokasi ke rumah susun.
Ahok menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak bisa mengembalikan pajak bumi dan bangunan pedesaan perkotaan (PBB-P2) kepada warga Kalijodo.

“Mana bisa PBB dibalikin? Karena kamu sudah tinggal di sana sekian tahun lamanya,” kata Ahok, di Balai Kota, Senin (15/2/2016).

Ahok menyebut, Pemprov DKI Jakarta bisa mengembalikan PBB-P2 yang telah dibayar. Namun dengan satu syarat, yakni warga Kalijodo juga membayar sewa lahan negara.

Ahok menyebut, warga Kalijodo sudah mengakui penggunaan tanah di atas lahan negara. Hal itu tercantum dalam Permenkeu Nomor 96 Tahun 2007 tentang formula tarif sewa atas barang milik negara.

“Anda mengakui bangun di atas tanah negara kan? Kalau begitu, anda harus bayar sewa dong dan itu ada hitungan dari Menteri Keuangan,” kata Ahok.

“Dia mau bayar enggak? Kalau anda taat pajak, bayar dong sewa tanah negara, baru aku balikin PBB kamu deh, kalau bisa,” kata Ahok.(***)

Most Popular

To Top