Hukum

Bang Yos Pasang Badan Demi Din Minimi Ketemu Ibunya

image

Ayonews,Jakarta
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso berhasil membujuk kelompok bersenjata Din Minimi untuk berdamai. Kelompok ini pun diminta Bang Yos turun gunung alias kembali ke kampung halamannya masing-masing.

Bahkan, mantan gubernur DKI yang akrab disapa Bang Yos ini saat membujuk dengan menjaminkan dirinya kalau Din Minimi akan selamat saat kembali ke kampung halaman menemui orangtuanya. Bang Yos pasang badan demi keamanan Din Minimi dan kelompoknya meski berhadapan dengan aparat keamanan.

Tak hanya itu, saking kuatnya keinginan merayu Din Minimi dan kelompoknya kembali menjadi masyarakat biasa yang merdeka,  Bang Yos menjanjikan amnesti, meski belakangan perlu perjuangan. “Yang penting mau balik kampung dulu. Soal dikasih amnesti apa nggak urusan belakangan,” cerita kerabat dekat Bang Yos.

Wakil Kepala BIN, Torry Djohar mengatakan, Ka BIN (Sutiyoso) saat itu berfikir bahwa penyerahan itu bisa meredam konflik yang lebih besar. “Gerakan Din Minimi ada kaitannya dengan konflik GAM. Bila kondisinya berlarut dapat picu konflik GAM dengan polisi,” kata Torry.

Torry menegaskan, penyerahan Din Minimi bisa mencegah terjadinya banyak korban dan juga bisa meredakan eskalasi gangguan keamanan di Aceh.

Untuk diketahui, kelompok Din meminta enam tuntutan sebelum menyerahkan diri yaitu reintegrasi sesuai perjanjian Helsinki, jaminan kesejahteraan bagi yatim piatu, kesejahteraan bagi janda dan eks GAM.

Din meminta KPK menyelidiki penyalahgunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Aceh, meminta otoritas menurunkan pemantau independen saat Pilkada Serentak 2017, dan meminta pemberian amnesti.(***)

Most Popular

To Top