Hukum & Kriminal

Polisi Masih Periksa Jessica, Tes Psikolog Sehat, Tes Kejiwaan Belum Ada Hasilnya

hasil-tes-psikologi-sebut-jessica-normal-dan-suka-pria-Qsx
Ayonews, Jakarta
Untuk mengetahui motif pembunuhan yang dilakukan terhadap sahabatnya Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso dibawa ke RSCM untuk diperiksa kejiwaannya.
Sebab, polisi tidak mau berspekulasi tentang kondisi kejiwaan Jessica. Dari pemeriksaan psikolog, kondisi Jessica sehat. Namun, polisi masih perlu melakukan tes kejiwaan Jessica dengan ahli psikiatri.

“Kata psikolog, yang bersangkutan normal dalam arti sehat. Tetapi, kan psikiatri beda lagi keilmuannya. Jadi, ini kita tunggu jawabannya saja apa,” kata Direktur Kriminal Umum Kombes Krishna Murti di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Jika nanti ditemukan kondisi kejiwaan Jessica mengalami gangguan, kata Krishna, penyidik akan memberlakukan kasus ini berbeda. Salah satunya diterapkan Pasal 44 KUHP ayat 1 yang berisi, “Barang siapa melakukan perbuatan yang tidak dapat dipertanggungkan kepadanya karena jiwanya cacat dalam pertumbuhan atau terganggu karena penyakit, tidak dipidana.”

“Saya tidak bisa mengandai-andai. Yang tahu hasilnya kan beliau yang memeriksa,” kata Krishna.

Polisi, lanjut Krishna, tidak bisa menilai kondisi kejiwaan Jessica. Semua keterangan diberikan kepada ahli. Nanti, polisi tinggal menganalisis dengan bukti lain yang dimiliki. “Dokter memeriksa yang bersangkutan ada metodologinya. Butuh waktu, butuh observasi, dan butuh menginap,” terang Krishna.

Sejak Kamis (11/2/2016) hingga Jumat sore (12/2/2016) Jessica, masih diperiksa di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Jessica diperiksa dokter kejiwaan
Jessica diperiksa di ruang psikolog RSCM. Ia menyebutkan, saat pemeriksaan, Jessica didampingi oleh Polwan.
“Kami bukan periksa karena dia sakit, tetapi kondisi kejiwaannya, dengan pengawalan polwan siang dan malam,” ujar Krishna. (***)

Most Popular

To Top