Nasional

Layani Rakyat dengan Benar, Jokowi Minta Para Gubernur Jangan Cuma Duduk di Belakang Meja

index
Ayonews, Jakarta
7 pasangan gubernur dan wakil gubernur di Istana Negara hari ini, Jumat (12/2/2016) dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Usai pelantikan, Jokowi berpesan agar semua pemimpin daerah terpilih bekerja keras dan sering turun ke lapangan untuk menyelesaikan berbagai persoalan.
“Kini saatnya kita melangkah bersama untuk ujian sejarah yang maha berat, memenuhi janji-janji saudara di daerah. Saudara-saudara harus janji kerja siang dan malam untuk pastikan semua masyarakat bisa merasakan kebijakan pemerintah,” tutur Jokowi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat.

Para kepala daerah juga diperintahkan untuk memastikan kebutuhan air, listrik, hingga transportasi masyarakat terpenuhi. Selain itu masyarakat juga harus bisa menikmati kemudahan akses pendidikan dan kesehatan.
“Jangan kerja di belakang meja, turun langsung ke lapangan untuk selesaikan masalah,” imbuh Jokowi.
Jokowi juga meminta gubernur dan wakilnya menjadi dwitunggal yang saling melengkapi. Keduanya harus saling membantu dalam menjalankan kebijakan.

“Saudara-saudara harus dekat dengan rakyat sehingga saudara-saudara tetap jadi pemimpin yang dipercaya,” ungkap Jokowi yang pernah menjadi Gubernur DKI Jakarta tersebut.
Gubernur dan wakil Gubernur yang dilantik Jokowi adalah Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dan wakilnya Rudy Resnawan, Gubernur Jambi, Zumi Zola dan wakilnya Fachrori Umar, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan wakilnya Nasrul Abit.
Lalu, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan wakilnya Steven Octavianus, Gubernur Kepulauan Riau, Muhammad Sani dan wakilnya, Nurdin Basirun, Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie dan wakilnya Udin Hianggio serta Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti dan wakilnya Rohidin Mersyah.(***)

Most Popular

To Top