Megapolitan

Kalau Ahok Nggak Mampu, Haji Lulung Siap Bantu ‘Beresin’ Kalijodo

hqdefault

Ayonews, Jakarta
Rencana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama menggusur kawasan kumuh Kalijodo mendapat respon dari Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Haji Lulung. Tumben, Haji Lulung mengaku siap membantu Ahok menangani masalah Kalijodo.
Namun demikian, Haji Lulung meminta agar Ahok nggak asal main gusur. Menurut Lulung, langkah yang baik adalah Ahok melakukan pendekatan terlebih dahulu sebelum menertibkan kawasan Kalijodo. Alasannya, Lulung tidak ingin penertiban tersebut dilakukan dengan kekerasan.
“Jangan ada beko terbakar di situ, jangan lagi ada tentara bawa senjata, jangan ada lagi gas air mata. Jangan sampai bentrok 20 Agustus terjadi lagi,” ujar Lulung di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jumat (12/2/2016).

Lulung mengaku tidak pernah datang ke Kalijodo. Namun, ia mengetahui cerita mengenai kawasan tersebut sejak masih kecil. Lulung pun berkesimpulan, banyak masyarakat yang sudah menggantungkan hidup di Kalijodo.

Membongkar Kalijodo tanpa memberi solusi dinilainya hanya akan memutuskan kehidupan warga. Apalagi jika pembongkaran dilakukan dengan cara kekerasan dan menimbulkan bentrok dengan warga. Oleh karena itu, Lulung meminta Ahok agar melakukan pendekatan dengan hati-hati.

Haji Lulung pun menawarkan diri untuk membantu Ahok melakukan pendekatan kepada warga Kalijodo jika tidak mampu.

“Kalau nggak sanggup, bilangin Haji Lulung yang akan turun untuk pendekatan. Saya sanggup lakukan pendekatan ke warga Kalijodo walau saya enggak kenal,” ujar Lulung. “Saya yakin mereka mengenal saya karena saya orang baik,” tambah dia.(***)

Most Popular

To Top