Nasional

Sudah 5 Hari Operator Pengeboran Tambang Emas Terjebak di Bawah Tanah dengan Kondisi Selamat

Lowongan Kerja Terbaru 2013 PT Nusa Halmahera Minerals - SMA SMK Sederajat, D3 dan S1
Ayonews, Maluku Utara
Empat hari sudah Mursalim Sahman, operator pengeboran tambang emas PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM), Halmahera Utara, Maluku Utara terjebak di tambang bawah tanah Kencana. Setelah melakukan berbagai upaya, pihak perusahaan berhasil melakukan kontak dengan Mursalim pada Rabu (10/2/2016) pukul 10.00 WIT.
“Pak Mursalim terjebak pada 8 Februari 2016 pukul 20.30 WIT. Kemudian sekitar pukul 10:00 WIT pada Rabu 10 Februari 2016 PT Nusa Halmahera Minerals berhasil melakukan kontak lisan dengan Pak Mursalim, operator pengeboran, yang terjebak di tambang bawah tanah Kencana,” kata Communication Manager PT NHM Gosowong Tambang Emas, Herastuti Haryogyo.
Menurut Herastuti, Kontak tersebut dilakukan melalui sebuah lubang bor berdiameter kecil sepanjang 54 meter di mana Pak Mursalim berada. Personel tambang Kencana kemudian berbicara langsung dengan Mursalim. Dalam pembicaraan itu, Mursalim mengaku sehat jasmani dan rohani serta memiliki cadangan makanan dan air.
“Pak Mursalim mengaku ia hanya mencemaskan keluarganya saja atas kejadian ini,” kata Herastuti.
PT NHM, lanjut Herawati, sedang mempersiapkan pengiriman tambahan air dan makanan termasuk jaringan komunikasi. PT NHM, tambah dia, mendatangkan para ahli dan bantuan dari beberapa tambang lain termasuk beberapa spesialis tambang yang pernah memimpin proses penyelamatan di tambang bawah tanah.
“Pada tahap ini PT NHM belum bisa memberikan kepastian jangka waktu kapan tim penyelamat bisa mengeluarkan Pak Mursalim,” kata Herastuti.

Penyebab insiden masih diinvestigasi secara penuh dan menyeluruh oleh Tim Inspektur Tambang Indonesia. Untuk sementara operasi penambangan dan pemrosesan masih dihentikan.(***)

Most Popular

To Top