Entertainment

Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru Imlek

Ayonews, Jakarta

Perayaan tahun baru Imlek atau Sin Cia, atau yang dikenal juga dengan sebutan festival musim semi merupakan suatu perayaan pergantian tahun lunisolar Cina yang sudah menjadi suatu budaya turun temurun dari negeri Cina. Perayaan tahun baru Imlek berlangsung selama 15 hari sejak hari pertama di awal tahun baru sampai hari ke 15 bulan pertama. Perayaan yang cukup panjang ini tentunya diisi dengan berbagai kegiatan yang sudah menjadi tradisi. Berikut adalah daftar tradisi unik yang dilakukan selama perayaan tahun baru Imlek.

Rumah CINAK

1. Dilarang membersihkan rumah pada saat perayaan tahun baru Imlek!

Hari raya kan harus disambut dalam keadaan bersih? Kok tidak boleh bersih-bersih? Ternyata larangan ini dimaksudkan agar pada hari perayaan tidak ada yang harus bekerja lagi dan banyak waktu bisa dimanfaatkan untuk berkumpul. Maka itu agenda bersih-bersih rumah wajib dilakukan paling tidak dari satu hari sebelum tahun baru.

angpao

2. Bagi-bagi Angpao

Tradisi untuk membagikan uang didalam amplop merah, atau bagi-bagi angpao, dilakukan dengan maksud memperlancar rezeki sekaligus saling memakmurkan satu sama lain. Akan tetapi, mereka yang wajib memberikan angpao hanyalah orang tua dan mereka yang sudah menikah.

makanan CINAK3. Mempersiapkan makanan

Makanan yang disajikan pada perayaan tahun baru imlek juga sangat khusus. Makanan disajikan dengan nampan-nampan dengan bentuk yang tidak biasa, mulai dari nampan bulat, nampan segi 6, bahkan nampan segi 8.PERMEN CINAK Di atas nampan-nampan tersebut disajikan makanan khas perayaan Imlek seperti kacang, kue keranjang, jeruk, permen, dan buah kering. Selain itu untuk kategori makanan berat, biasanya juga akan disajikan makanan keberuntungan dan kekayaan seperti mie dan kue bola berbentuk koin Cina. Hal unik lainnya dari segi makanan adalah bagaimana orang-orang Cina sangat menghindari menyediakan dan makan bubur, karena bubur melambangkan kemiskinan.

IKAN CINAK4. Makan ikan? Jangan dibalik!

Ikan merupakan santapan yang sangat digemari pada perayaan Imlek, akan tetapi memakan ikan pada perayaan imlek memiliki tata caranya sendiri. Saat menyantap ikan, pantang membalik ikan untuk mengambil daging di sisi satunya. Malah dianjurkan untuk dibiarkan saja dan disisakan untuk keesokan harinya. Masyarakat etnis Cina mempercayai bahwa kebiasaan ini akan berdampak pada peruntungan rezeki mereka sampai ke tahun berikutnya akan melebihi daripada target atau kebutuhan. (NA)

Most Popular

To Top