Nasional

Jatuhnya Pesawat Latih Super Tucano Telan 4 Korban Jiwa

ivy safatillah
Ayonews, Malang
Jatuhnya pesawat latih Super Tucano menelan 4 korban jiwa. Mereka adalah pilot pesawat Mayor Pnb Ivy Safatilah, teknisi Syaiful dan dua warga, seorang ibu rumah tangga Erma Wahyuningtyas, dan seorang anak kos Nurkholis.
Jasad pilot ditemukan berada di daerah Singosari, berjarak 13 kilometer dari lokasi jatuhnya pesawat. Mayor Ivy menggunakan kursi pelontar dan jatuh di sawah, namun nyawanya tidak bisa diselamatkan.
“Pilotnya ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia,” ujar Kapolres Kabupaten Malang, AKBP Yudo Nugroho, Rabu (10/2/2016).

Sementara itu Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna dalam jumpa pers di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Rabu (10/2/2016) petang.
memberi penjelasan mengenai korban tewas Super Tucano yang jatuh di Blimbing, Malang.
Jasad pilot pesawat Super Tucano Mayor Pnb Ivy Safatila yanbg berhasil ditemukan, parasut yang digunakan ditemukan 2 km jauhnya dari tempat penemuan jasad pilot.

Sedangkan lokasi penemuan pilot itu sendiri berjarak 8 km dari lokasi badan pesawat (Versi Kapolres Kabupaten Malang 13 km). “Lokasi penemuan pilot di 8 kilometer dari lokasi jatuh pesawat,” ucap Agus.

Agus belum bisa menyimpulkan apa yang menjadi penyebab kecelakaan ini. Saat ini AU sedang fokus untuk mengevakuasi badan pesawat untuk mengetahui apakah ada kesalahan teknis di pesawat.

Kecelakaan itu terjadi pada pukul 10.07 WIB. Pesawat Super Tucano itu sedang melakukan uji terbang dan terjatuh menimpa rumah warga bernama Mujianto di Jl LA Sucipto Gang XII No 6, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.
Soal teknisi pesawat, Marsekal Agus memberi penjelasan bahwa teknisi tersebut meninggal dan jasadnya masih di dalam pesawat. “Masih ada di kokpit,” jelas Agus.

Pihak TNI AU hingga kini perlahan akan mencoba membongkar rumah milik warga dan melakukan evakuasi pesawat serta jenazah teknisi.(***)

Most Popular

To Top