Ibukota

1 Rumah di Ciganjur Tertimbun Longsor, 2 Warga Terluka

longsor

Ayonews, Jakarta

Dua penghuni rumah yang tertimbun longsor di Jl Kemenyan, RT 07/RW 03 Kelurahan Ciganjur, Jaksel, mengalami luka. Longsor diduga terjadi karena pondasi pagar pembatas permukiman tergerus air yang mengalir ke anak Kali Krukut.

“Korbannya Faiz (16 tahun) kakinya tertimpa beton pagar, satu ujung jari kaki patah. Nur Syaefuddin (21) lecet-lecet kena balok,” ujar penghuni rumah Riyanto Setiawan, Selasa (9/2/2016).

Longsoran dari sekat pagar sungai yang berada dekat rumah Riyanto terjadi sekitar pukul 16.00 WIB saat hujan deras.

“Pagarnya yang longsor, semua kena yang tersisa kamar mandi doang. Tadi keluar dari rumah yang roboh lewat atap rumah kita jebol bareng-bareng,” sambung Riyanto.

Saat kejadian, penghuni rumah tidak sempat menyelamatkan barang berharga. Satu motor juga ikut tertimbun longsoran tanah.

Ketua RT 07/RW 03, Soni Fariz mengatakan luapan sungai yang berada dekat permukiman membanjiri rumah warga. “Saya mengungsikan warga dulu ke masjid yang rumahnya kerendam air,” ujarnya.

Banjir ini terjadi karena turap pembatas kali yang tidak bisa menahan volume air. “Kita tadi jebol kali buat air yang meluap bisa balik lagi ke aliran sungai,” ujarnya.

Pihak kelurahan dan kecamatan sudah mendatangi lokasi dan memberikan bantuan darurat bagi warga. “Tadi ada bantuan selimut, tikar, air minum sama mi instan dari Dinsos Jaksel,” katanya.(***)

Most Popular

To Top