Ibukota

Tak Ada Pungli Tak Ada Calo, BPTSP Memang Oke

image

Ayonews, Jakarta
Sejak didirikan Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) DKI Jakarta, sangat membantu masyarakat dalam pengurusan berbagai perizinan. Mulai dari surat-surat IMB, perizinan Amdal, izin usaha dan lain-lain.
Fungsi BPTSP banyak, tak hanya mempermudah perizinan, tapi juga mempermudah para pelaku usaha untuk menguruskan perizinannya. Bahkan, BPTSP DKI Jakarta, selama tahun 2015 telah menerbitkan 4.138.021 pelayanan perizinan dan non-perizinan. Rekor ini sempat mendapat penghargaan dari Muri.
Maksud dari pendiri MURI, Jaya Suprana, penghargaan ini diberikan agar kota lain bisa belajar dan meneladani pelayanan terpadu satu pintu di Jakarta tersebut.
Tak hanya perizinan yang cepat dan efektif, BPTSP juga memberikan pelayan yang maksimal layaknya di bank-bank nasional. Banyak yang telah menikmati hasil dari layanan BPTSP.
Muis H misalnya, pengusaha yang merintis usahanya dari nol ini berkisah tentang sulitnya mengurus perizinan usaha di Jakarta. Dulu, katanya, ia mengurus perizinan di Pemprov DKI seperti masuk hutan rimba. Selain tak tahu alur pengurusan, banyak binatang buas (pejabat-pejabat korup) dan para calo yang siap memangsa uangnya.
“Sampai-sampai saya nggak mau mengurus perizinan usaha. Jadi selama ini usaha yang saya jalankan apa adanya aja tanpa ada izin, ya meski hasilnya terseok-seok,” paparnya.
Muis menyadari, membangun usaha tanpa ada izin juga salah. Dan yang menyebabkan usahanya mandeg, bahkan jatuh karena ia sulit mengembangkan usaha karena terbentur izin yang ketat. “Serba salah saya, mau bikin izin, biaya izinnya sudah 50% dari modal usaha. Ada beberapa dinas yang harus saya temui dan saya mintakan izinnya. Tiap dinas, tau sendiri biayanya besar,” katanya.

Saat mendengar Pemprov DKI Jakarta yang dipimpin Jokowi – Ahok waktu itu sedang merintis BPTSP, harapan untuk memajukan usahanya mulai kembali terbuka. Ia berharap kepada kedua pemimpin Jakarta itu dapat mempermudah perizinan usahanya sehingga usahanya dapat berkembang.

“Alhamdulillah, sudah terwujud BPTSP. Pemerintahan Gubernur Basuki Tjahaya Purnama benar-benar mewujudkan Jakarta Baru sebagaimana mereka (Jokowi – Ahok) cita-citakan saat baru memimpin Jakarta. Nggak ada lagi pungli, layanan juga mudah, nyaman saat pengurusan tidak diganggu calo lagi. Biayanya pun murah,” tutup warga Jakarta Selatan berusia 49 tahun ini.(***)

Most Popular

To Top