Hukum & Kriminal

Dari Penangkapan 3 Tersangka, Polisi Temukan 30 Korban Jual Ginjal Ilegal

jual-ginjal130626c
Ayonews, Jakarta
Dengan iming-iming uang puluhan juta rupiah, para korban rela memberikan ginjalnya kepada sindikat jual beli ginjal. Para sindikat itu justru mampu meraup keuntungan ratusan juta, lebih banyak dari sang pemilik ginjal.
Ada tiga tersangka yang sudah diamankan polisi dari praktik illegal ini. Kepada polisi ketiga tersangka kasus jual organ ginjal mengaku bahwa jumlah korbannya 15 orang. Namun penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menemukan korban lebih banyak dari jumlah pengakuan tersangka.

“Jumlah korban, kalau pengakuan tersangka berjumlah 15 orang. Tapi Tim lapangan kita mendapatkan hampir mencapai 30 orang korban,” kata Kanit Human Trafficking Dit Tipidum Bareskrim Polri AKBP Arie Darmanto di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (9/2/2016).

Arie mengatakan, pihaknya akan terus menelusuri dan mengungkap kasus jual organ ginjal tersebut. “Kami akan terus mencari informasi-informasi ini apakah itu semua terkait dengan tiga tersangka tersebut atau bukan,” tandasnya.
Polisi menangkap 3 orang pelaku yang tergabung dalam sindikat perdagangan orang. Ketiganya ditangkap karena melakukan transplantasi ginjal secara ilegal di Bandung, Jawa Barat.
“Kasus ini terjadi sekitar bulan Juni 2015, dengan 3 orang tersangka berinisial AG, DO yang bertugas sebagai perekrut, dan HS,” ujar Kasubdit III Dirtipidum Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol Umar Surya Fana kepada wartawan di Bareskrim Mabes Polri, Rabu (27/1/2016).
Awal mula kejadian ini diketahui sekitar bulan Juni 2015, AG melakukan perekrutan ke beberapa orang korban untuk menjual ginjal dengan harga Rp 80 juta hingga Rp 90 juta.(***)

Most Popular

To Top