Ekonomi

Pertamina Belum Keluarkan Solar jenis Menengah Seperti Pertalite di Premium

SPBU-Solar-Habis1
Ayonews, Jakarta
Untuk mengurangi kebutuhan BBM jenis Premium, PT Pertamina (Persero) telah membuat bahan bakar jenis baru yakni pertalite. Namun untuk jenis solar, Pertamina belum mengeluarkan produk pengganti solar.
“Kkita masih jualan produk Solar seperti biasa, yakni Bio Solar sama Pertamina Dex,” ujar VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro.
Wianda mengakui, belakang ini memang banyak pihak yang mempertanyakan terkait isu akan adanya jenis solar yang baru. Nantinya, jenis solar tersebut tidak termasuk dalam kategori BBM bersubsidi, namun kualitasnya masih di bawah Pertamina Dex.
“Ada pertanyaan apakah nanti ada produk solar baru. Jadi seperti antara Premium dan Pertamax ada ron 90 atau Pertalite. Cuma solarkan kita sudah sesuai ketentuan pemerintah sudah B20,” imbuhnya.
Wianda mengatakan, Bio Solar yang saat ini masih disubsidi sebenarnya sudah memiliki kualitas yang terbilang tinggi. Pasalnya Bio Solar sudah mengandung 20 persen bahan nabati atau B20.
“Jadi kualitasnya sudah sangat baik karena diramu dengan bahan bakar nabati. Sebenarnya itu juga sudah memenuhi grade mobil-mobil solar yang high spesification. Nah kalau yang mau lebih tinggi lagi kan ada Pertamina Dex,” pungkasnya.(***)

Most Popular

To Top