Nasional

Meriahkan Imlek, Lukisan Kaligrafi China Terpanjang Pecahkan Rekor MURI

lukis-kaligrafi-china-sepanjang-500-meter-pecahkan-rekor-muri
Ayonews, Solo
Ratusan warga Solo dari berbagai umur melukis huruf shufa atau kaligrafi China di Solo Paragon Lifestyle Mall, Minggu (7/2). Tak hanya etnis Tionghoa, warga dari etnis Jawa pun berbaur ikut memeriahkan acara dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2567.
Seni lukis indah sepanjang 500 meter dilakukan di atas rol kertas berwarna cokelat selebar 1 meter. Para siswa dan warga lainnya menggunakan tinta bak untuk melukis. Kegiatan ini juga diikuti ahli shufa dari Kota Solo dan sekitarnya.
Kegiatan yang diikuti lebih dari 500 warga tersebut memecahkan rekor MURI ke 7313.

“Panjang kaligrafi Tionghoa ini 500 meter dan memiliki karakter. Pesertanya ada 500 lebih, dari semua kalangan. Dari etnis Tionghoa malah hanya 10 persen saja,” ujar Sumartono Hadinoto, Ketua Panitia Perayaan Imlek Bersama 2016.

“Rekor lukisan kaligrafi China ini memecahkan Rekor MURI ke 7313. Rekor terpanjang sebelumnya dengan panjang, 271,8 meter pada acara Festival Citilink, Bandung pada 10 Februari 2013,” sambung Manager MURI Sri Widayati.
Penghargaan MURI, kata Widayati, diberikan kepada Penitia Imlek bersama Pemkot Solo dan Solo Paragon Ligestyle Mall sebagai pendukung acara.

Chief Markom Solo Paragon Lifestyle Mall, Veronica Lahji menambahkan, penyelenggaraan lukisan kaligrafi bertajuk ‘Shufa on The Street’ di dalam mall dikarenakan untuk menghindari turunya hujan. Selain itu pengunjung mal bisa ikut berpartisipasi menjadi peserta.

“Sebenarnya akan kita adakan di area car free day tapi kan sering hujan. Untuk pengunjung mall kan juga bisa ikutan, orang baru pun bisa,” katanya.

Selain kaligrafi, lanjut Veronica, pihaknya juga menggelar kegiatan Kampoeng Tiongkok, lomba karaoke mandarin dan Lomba fashion show anak ‘didi meme’.(***)

Most Popular

To Top