Internasional

Dikecam Dunia Usai Peluncuran Rudal Balistik, Korut Cuek Mau Uji Coba Nuklir ke 5

korut
Ayonews, Korsel
Badan intelijen Korea Selatan (Korsel) mengeluarkan sebuah peringatan mengenai uji coba nuklir kelima yang tengah direncanakan oleh seterunya Korea Utara (Korut). Peringatan itu muncul hanya berselang sehari setelah Pyongyang melakukan peluncuran rudal jarak jauh yang menuai kecaman.
Setelah mengklaim sukses melakukan uji coba bom hidrogen pada 6 Januari 2016, Korut dilaporkan tengah mempersiapkan uji coba nuklir kelimanya. Demikian laporan dari lembaga intelijen Korsel yang dilansir Yonhap, Senin (8/2/016).
Sejak awal tahun ini, Pyonyang telah melakukan serangkaian provokasi yang menimbulkan kemarahan dari dunia internasional, dari uji coba nuklir pada awal Januari, sampai peluncuran rudal balistik sebulan kemudian. Provokasi terakhir Korut dikutuk oleh seluruh negara dunia termasuk sekutu terdekat Korut, yaitu China dan Rusia.
Jika benar Korut tengah merencanakan uji coba nuklir kelimanya, maka terlihat bahwa kecaman dan kritik yang dilontarkan China dan Rusia tidak ditanggapi oleh rezim pimpinan Kim Jong-un.
Tindakan Korut dalam beberapa bulan belakangan juga menimbulkan reaksi dari Korsel yang menyiagakan pasukannya untuk menghadapi segala ancaman dari Korut.
“Keamanan Korsel dan rakyatnya berada dalam ancaman karena tidak ada yang tahu provokasi yang akan dibuat oleh Korut,” demikian disampaikan Presiden Korsel Park Gyeun-hye dalam pertemuan dengan Dewan Keamanan Korsel.
Provokasi tersebut juga membuat Amerika Serikat (AS) yang memiliki kepentingan di Semenanjung Korea dan Asia Timur mempertimbangkan untuk menambah kekuatan militernya di Asia. Situasi ini juga dapat mengakibatkan terjadinya perubahan kebijakan keamanan Jepang yang ikut terancam dengan tindakan Korut.
Sebelumnya, Korut telah melakukan empat kali uji coba nulir pada 2006, 2009, 2013, dan 2016.(***)

Most Popular

To Top