Ibukota

Dekat dengan GP Anshor, Ahok Layak Kembali Pimpin Jakarta

gp anshor
Ayonews, Jakarta
Tak mudah bagi Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) untuk mendapat dukungan dari massa berbasis keagamaan untuk maju di Pilgub DKI 2017.

Namun nyatanya, Gerakan Pemuda (GP) Ansor memandang Ahok sebagai salah satu bakal calon gubernur yang berpotensi didukungnya.
Ormas kepemudaan Nahdlatul Ulama (NU) itu baru saja menggelar Konferensi Wilayah XVII GP Ansor DKI. Gelaran acara untuk memilih Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor DKI itu dibuka juga oleh Ahok di Balai Kota pada Jumat (5/2) kemarin. Ketua GP Ansor DKI yang baru, Abdul Aziz, menyatakan Ahok masuk radar GP Ansor bersama nama-nama lainnya.
“Ada sejumlah nama dari kalangan birokrasi dan kalangan partai politik,” kata Aziz, Senin (8/2/2016).
Kandidat calon yang berpotensi direkomendasikan GP Ansor adalah Sekda DKI Saefullah, Walikota Jakarta Utara Rustam Effendi. Dari kalangan partai, ada nama mantan Ketua Umum GP Ansor yang juga politisi PKB Nusron Wahid, Ketua Fraksi PKB DPRD DKI Hasbiallah Ilyas, dan politisi Partai Gerindra DKI Mohamad Sanusi. Ada pula komisioner KPU Juri Ardiantoro yang masuk radar GP Ansor.

“Termasuk Ahok, dia teman dekat Ansor,” ujar Aziz.
Menurut Aziz, kinerja Ahok sudah menunjukkan performa yang baik. Ahok masih layak untuk terus melanjutkan kepemimpinannya di Jakarta. Ahok juga dinilainya sebagai tokoh yang amanah dan jujur, hanya saja Aziz menyatakan gaya bicara dan gaya kepemimpinan Ahok harus diperbaiki.
Apa tak masalah GP Ansor yang berbasis Islam mendukung Ahok?
“Gus Dur (Abdurrahman Wahid) mengajarkan soal civil society, kalau dia mau berbuat baik untuk masyarakat maka jangan lihat agamanya,” kata Aziz.

Tak masalah, menurut Aziz, bagi anggotanya untuk menjadi pendukung Ahok sebagi Gubernur DKI 2017. GP Ansor memahami Gubernur DKI hanyalah pelayan masyarakat dan pamong, bukan sebagai pemimpin keimanan rakyatnya.

“Soal kepala daerah atau gubernur, karena dia pelayan masyarakat, maka soal akidah dikembalikan ke masyarakat,” kata Aziz yang juga anggota Fraksi PKB DPRD DKI ini. (***)

Most Popular

To Top