Gaya Hidup

5 Permainan Anak Indonesia yang Patut Dilestarikan

Di era modern ini, jarang sekali terlihat anak kecil yang memilih bermain di luar bersama teman seusianya. Mereka biasanya sibuk sendiri dengan gadget pribadinya masing-masing. Ironisnya, banyak orang tua malah menganggap ini hal yang lazim, padahal sungguh sangat disayangkan. Padahal Indonesia mempunyai beragam permainan tradisional yang menyenangkan dan juga baik untuk perkembangan si anak.

Inilah 5 permainan asal Indonesia yang bisa dicoba diajarkan ke sang anak:

 

Permainan-tradisional-BENTENG

  1. Benteng

Dimainkan oleh dua kelompok yang masing-masingnya terdiri dari 4 hingga 8 orang. Setiap kelompok memilih satu tempat yang akan disebut ‘benteng’. Inti permainan ini sangatlah sederhana yaitu menyerang dan mengambil alih benteng kelompok lain dengan cara menyentuh ‘benteng’ lawan sambil berteriak ‘benteng’ pula.

 

 

congklak

2. Congklak

Congklak merupakan suatu permainan tradisional yang biasanya dilakukan oleh anak perempuan. Congklak terdiri dari dua hal yaitu papan congklak dan biji congklak. Papan congklak biasanya terbuat dari kayu atau plastik yang terdiri dari 14 lobang kecil dan 2 lobang besar di setiap ujung papan. Sedangkan, biji congklak yang berjumlah 98 biji tersebut biasanya berbentuk sejenis cangkang kerang, biji-bijian atau batu-batuan.

Tujuan permainan ini ialah untuk megumpulkan biji congklak terbanyak di lobang besar setiap pemain.

 

galasin

3. Galasin

Sebuah permainan yang terdiri dari dua kelompok yang masing-masingnya terdiri dari 3-5 orang. Terdapat kelompok menyerang dan bertahan. Kelompok ‘menyerang’ berfokus untuk menyebrangi seluruh anggotanya ke batas terakhir yang telah dijaga oleh kelompok ‘bertahan’ dengan cara menghalangi lawan secara horizontal maupun vertical.

 

layangan

4. Layang-Layang

Permainan yang sering dimainkan saat musim kemarau karena keadaan angin yang cukup besar. Layang-layang biasanya berwarna warni dan bervariasi ukurannya. Setiap orang berlomba-lomba dalam menerbangkan layang-layang tersebut di udara.

 

petak-umpet

5. Petak Umpet

Pertama-tama, permainan dimulai dengan menentukan siapa yang menjadi penjaga. Seorang penjaga akan menghadap ke tembok sambil menghitung mundur sebanyak 60 detik sambil yang lain sibuk mencari tempat persembunyian. Ketika selesai, si penjaga akan berbalik dan mulai mencari teman-temannya. Orang pertama yang ditemukan akan menjadi penjaga selanjutnya namun apabila salah satu temannya berhasil memegang tembok tempat dia menghitung tadi, maka ia harus mulai dari awal lagi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Most Popular

To Top