Gaya Hidup

5 Hal Asal Jepang yang Dicintai Orang Indonesia

Demam Jepang? Bisa dikatakan seperti itu.

Meski pernah mempunyai sejarah yang kelam, Jepang tetap merupakan salah satu negara yang berpengaruh besar atas perkembangan kehidupan orang di Indonesia. Malah, jika dilihat baik-baik, banyak sekali kebudayaan Jepang yang kita anut bahkan mendarah daging.

Di bawah ini 5 hal asal Jepang yang sering kita temui dan digemari di Indonesia:

 

sashimi

  1. Memakan Ikan Mentah

Kita sebagai orang Indonesia yang biasa memakan masakan matang dan berbumbu, awalnya pasti merasa aneh saat ingin mencicipi sashimi atau ikan mentah. Meski begitu, ternyata makanan ini sangatlah di gemari orang Indonesia, terutama anak-anak mudanya. Kenyataan tersebut memicu banyak bermunculannya restoran-restoran Jepang di Indonesia.

 

 

karaoke

2. Karaoke

Banyak orang Indonesia yang merupakan penggila karaoke namun sedikit orang yang tau bahwa orang Jepang bernama Daisuke Inoue lah yang menciptakan alat untuk menyanyi tersebut. Kini, karaoke pun menjadi salah satu entertaiment yang paling disukai di Indonesia.

 

 

jkt48

3. Idol

Di Jepang, terdapat banyak group musik yang terdiri dari 3 hingga 8 orang yang pandai bernyanyi dan menari. Biasanya di sebut Idol. Dalam mempromosikan Idol-Idol tersebut, bukan hanya saat mereka tampil saja namun juga dengan cara menjual pernak-pernik yang berhubungan dengan group tersebut seperti sticker dan kaos. Di Indonesia, budaya ini telah berkembang, makanya bermunculan group lokal dengan treatment serupa di Indonesia.

 

otaku

4. OTAKU

Jika ditanya mengenai masa kecil, kartun Jepang pasti akan dibawa-bawa. Karena setiap pagi atau maghrib, kita telah disuguhi kartun asal Jepang oleh TV lokal kita sendiri. Oleh karena itu, banyak dari kita yang kemudian menjadi otaku atau penggila ‘jejepangan’ yang mencakup kegilaan terhadap anime, manga, selera musik ataupun cosplay.

 

fashion

 

5. Fashion

Meski dengan iklim yang berbeda pun, orang Indonesia tetap menyukai gaya berpakaian orang Jepang yang casual dan sederhana. Oleh karena itu, mulailah bermunculan toko-toko pakaian asal Jepang di pusat-pusat perbelanjaan ibukota di Indonesia.

Most Popular

To Top