Hukum

Capek Ikuti Persidangan Tipikor, Tahanan KPK Tewas

kpk-tahan-dirut-traya-tirta-makassar_20150715_203423
Ayonews, Jakarta
Tahanan KPK, Dirut PT Traya Tirta Makassar, Hengky Widjaja, meninggal setelah dirawat selama beberapa hari di RS Siloam. Ia meninggal karena kelelahan menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor.
Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, selama ini pihaknya telah memfasilitasi kebutuhan Hengky. Dari fasilitas ruang tahanan hingga kebutuhan medis telah diberikan untuk pria berumur 77 tahun tersebut.
“Kita penuhi permintaan untuk periksa kesehatan dan pindah ruang tahanan dari Polda ke Cipinang. Pemeriksaan kesehatan kita fasilitasi,” ujar Agus dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (3/2/2016).

Agus mengatakan, Hengky telah dirawat di RS Siloam sejak tanggal 25 Januari lalu. Dia dipastikan meninggal pada malam tadi sekitar pukul 21.00 WIB.

“Kemudian proses hukumnya seperti yang sudah diatur dalam KUHAP, gugur dengan sendirinya,” ujarnya.
Wakil Ketua KPK Laode M Syarief menambahkan, tanpa perlu SP3, kasus Hengky otomatis gugur. Namun gugurnya kasus Hengky tak akan berpengaruh pada terdakwa lain yang tersandung kasus terkait. Apalagi sudah ada 24 saksi yang diperiksa.

“Ini tidak berpengaruh banyak pada persidangan kasus Ilham Arief (mantan Walikota Makassar),” kata Laode.
Terkait potensi kerugian negara, KPK akan menyerahkan kepada Jaksa Penuntut Umum untuk dikembalikan kepada negara.(***)

Most Popular

To Top