Nasional

Nih Dia Parpol-parpol yang Ngotot Revisi RUU KPK

image

Ayonews, Jakarta
Meski penolakan dari masyarakat soal revisi RUU KPK  datang bergelombang, namun hal itu tidak menyurutkan fraksi-fraksi pendukung revisi untuk mengusulkan perubahan tersebut.

Hari ini,  Senin (1/2/2016) draft revisi UU KPK dipresentasikan dalam Rapat Badan Legislasi DPR. Pengusul revisi UU KPK di DPR saat ini sebenarnya sama dengan pengusul pada bulan Oktober 2015 lalu.

Saat itu, ada 45 anggota DPR dari 6 fraksi yang menjadi pengusul. Ada 15 orang anggota F-PDIP yang mendukung revisi UU KPK, 11 orang F-NasDem, 9 orang F-Golkar, 5 orang F-PPP, 3 orang F-Hanura, dan 2 orang F-PKB.

Anggota F-PDIP Risa Mariska yang hadir di rapat Baleg menuturkan bahwa dia hanya sebagai perwakilan. Draf revisi ini sudah dibahas dengan pengusul yang lain.

“45 Orang ini dilibatkan juga. Kita hanya sampaikan keterangan sebagai pengusul,” kata Risa di sela sela Rapat Baleg di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/2/2016).

Saat Oktober 2015, pengusul mengajukan revisi hingga membatasi usia KPK hanya 12 tahun. Usul itu mendapat penolakan keras, kemudian draf dari PDIP cs pun dikembalikan.

Kini, PDIP cs datang dengan draf baru. Meski masih banyak penolakan, Risa meyakinkan bahwa draf ini bukan untuk melemahkan.

“Revisi UU ini bukan untuk melemahkan KPK, yang tidak ada kita tambahkan,” jelas anggota Komisi III DPR ini.

Soal banyaknya penolakan, dia menganggapnya wajar. Risa pun mengajak pihak-pihak yang menolak untuk memberikan masukan.

“Penolakan wajar. Kita sama sama cinta dengan institusi ini. Kalau mau sama sama perbaiki, ayo kita duduk sama sama. Kalau perlu, kasih kita masukan. Perlu kita dengar. Tapi itu pembahasannya ada di rapat panja atau pansus,” ungkap Risa.(***)

Most Popular

To Top