Internasional

ISIS Serang Damaskus Pakai 2 Bom Mobil, 60 Militan Syiah Tewas

image

Ayonews, Damaskus
Tiga ledakan bom beruntun di Damaskus, Suriah, Minggu (31/1/2016). Ledakan yang berasal dari bom mobil dan dua pelaku bom bunuh diri itu menewaskan setidaknya 60 orang.

Serangan di dekat masjid Sayyida Zainab yang dikelola komunitas Syiah itu juga melukai ratusan orang lain. Kelompok teror Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Dilansir Reuters, klaim ISIS ini diumumkan oleh Amaq, media yang mendukung aksi ISIS. Aksi itu disebut “menghantam benteng paling penting untuk militan Syiah di Damaskus”.

Rami Abdulrahman dari organisasi Pengamat Hak Asasi Manusia Suria mengatakan, pelaku bom bunuh diri itu mengincar dua bus yang membawa militan Syiah.

Sedangkan kantor berita Pemerintah Suriah, SANA, melaporkan bahwa Menteri Dalam Negeri Suriah mengatakan bahwa bom mobil meledak di garasi penyimpanan transportasi publik di kawasan Kota Sudan. Tidak jelas target dari serangan bom mobil tersebut.

Masjid Sayyida Zainab di utara Damaskus merupakan lokasi dimakamkannya cucu Nabi Muhammad, buah pernikahan putrinya, Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib.

Selama ini, masjid itu menjadi salah satu lokasi ziarah yang ramai dikunjungi komunitas Syiah di Suriah, juga dari Iran, Lebanon dan Irak.

Masjid tetap ramai dikunjungi meski terjadi perang saudara di kawasan itu dalam lima tahun terakhir.(***)

Most Popular

To Top