Internasional

Rusia Memburu Pilot Turki Penembak Pesawat Bomber Su 24 & Membunuh Pilotnya

2016-01-29 01.17.36

Ayonews, Turki

Pasukan Rusia diam-diam menyerbu kota Latakia, utara Turki untuk mencari Alparsian Celik, pilot Turki yang menembak jatuh jet tempur Rusia.

Fox News mengabarkan Rabu (27/1/2016), belum jelas perintah apa yang dikeluarkan Presiden Putin, bila Celik tertangkap. Namun, ”Mereka akan melakukan pembalasan” kata media resmi Rusia.

Sebelumnya, Maria Zakharova, jurubicara Kementerian Luar Negeri Rusia telah memerintahkan Turki ”Menangkap Alparsian Celik dan rekan-rekannya, dan mengadili mereka karena membunuh pilot Rusia,” ujarnya. Namun sejauh ini belum ada tanda-tanda Turki menuruti kemauan Rusia.

Kasus ini diawali dengan penembakan pesawat tempur Rusia oleh sebuah jet tempur F-16 Turki dekat Latakia, perbatasan Rusia-Turki. Tak berapa lama, Alparsian Celik muncul dalam sebuah rekaman video dan menjelaskan bahwa ia membunuh pilot Rusia di darat.

Menurut Celik, hal itu dilakukan karena pilot Rusia itu menjatuhkan sejumlah bom beberapa saat sebelum pesawatnya ditembak jatuh.

”Tidak ada tempat bagi orang yang mengebom warga sipil Turki setiap hari,” kata Celik kepada harian Turki, Hurriyet.(***)

Most Popular

To Top