Hukum

Surya Paloh Tahu Soal Uang Suap 200 juta Mantan Sekjennya

surya paloh dan rio patrice

Ayonews, Jakarta
Dalam kasus suap 200 juta mantan Gubernur Sumut Gatot Pudjo Nugroho dan istrinya Evy Susanty yang melibatkan mantan Sekjen Partai Nasdem, Patrice Rio Capella ternyata diketahui Surya Paloh.

Rio mengakui bahwa ia menerima uang Rp200 juta dari Evy Susanti lewat teman dekatnya, Fransisca Insani Rahesti alias Sisca. Uang tersebut diberikan sebelum Evy yang ditemani Sisca bertemu langsung dengan Rio Capella di sebuah kafe di samping Hotel Kartika Chandra, Jakarta.
Belakangan, pemberian uang serta pertemuan antara Rio Capella dengan Evy terendus Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. Orang nomor satu di Nasdem itu pun lantas menghubungi Rio Capella dan memintanya untuk datang ke Kantor DPP Nasdem di Gondangdia.
“Saya ditelepon (Surya Paloh), lalu ke Kantor Nasdem,” kata Rio Capella saat bersaksi di sidang Gatot Pujo Nugroho dan Evy di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2016).
Bekas anggota Komisi III DPR RI itu menemui Surya Paloh setelah melaksanakan ibadah umrah. Saat bertemu dengan bos Media Group itu, Rio dicecar pertanyaan soal pertemuan dengan Gatot dan Evy serta penerimaan uang Rp200 juta.
“Ditanya apakah pernah ketemu dengan Gatot lalu ditanya apakah ketemu dengan Evy,” tuturnya menceritakan pembicaraan dengan Paloh.
Rio Capella mengungkapkan, setelah Paloh mengetahui dirinya menerima uang Rp 200 juta dari Evy, orang nomor satu di Nasdem itu mengatakan agar dirinya berhati-hati.
“Hati-hati saja kamu. Saya memang kan sudah mau kembalikan,” ujar Rio menirukan kembali percakapannya dengan Paloh.(***)

Most Popular

To Top