Hukum

Gafatar Aliran Sesat yang Masih Bisa Diberi Jalan Tobat

sutiyoso2
Ayonews, Jakarta
Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) itu disebut pemerintah sebagai aliran sesat. Gerakan itu bahkan membentuk sistem pemerintahan sendiri, sementara pemerintahan yang sah disebut ‘thogut’.

Namun demikian, Kepala BIN Sutiyoso menyebut Gafatar walau sesat masih bias diluruskan.

“Itu aliran sesat yang sebenarnya bisa kita luruskan saja dan diberi jalan tobat,” kata Sutiyoso usai menghadiri acara di Istana Negara, Kamis (28/1/2016).

Sutiyoso kemudian menyatakan, polisi tengah menelusuri kemungkinan muncul gerakan sempalan dari Gafatar. Tetapi dirinya mengaku tak tahu menahu soal kemungkinan adanya bentuk lain dari Gafatar.
Sementara itu Kejaksaan Agung akan dimintai masukan untuk menindaklanjuti kasus Gafatar oleh Pengawas Aliran Kepercayaan dan Keagamaan dalam Masyarakat (PAKEM). Jaksa Agung Prasetyo menyebut tengah mengkaji mengenai ajaran dari Gafatar.
“Itu akan dianalisa dalam rakor PAKEM. Dari beberapa unsur, Mendagri, MUI, Mendikbud, Menag, TNI, Polri, Jaksa Agung akan diminta memberi pendapat masing. Yang dilihat ajarannya,” kata Prasetyo.
Prasetyo juga menyatakan, para pemuka agama akan dimintai pendapat. Setelah itu akan disimpulkan bersama mengenai hasil dari pengkajian untuk langkah selanjutnya dalam menindaklanjuti mantan pengikut Gafatar.
“Dulu memang pernah dilarang sesuai fatwa MUI. Itu dikatkan metamorfosa alqiyadah al islamiyah. Kita teliti cermat,” ujar Prasetyo.(***)

Most Popular

To Top