Ibukota

Ahok: Kalau Becak Dibolehin Sama Saja Kembali ke Jaman Baheula

2016-01-28 21.31.16

Ayonews, Jakarta

Siang tadi (28/1/2016) ratusan tukang becak menyambangi Balaikota DKI Jakarta untuk berunjukrasa soal becak-becak mereka yang diangkut paksa Satpol PP.

Dalam aksinya, para tukang becak itu selain protes juga mengirimkan sepucuk surat berisi keluhan mata pencariannya uang hilang sejak becak mereka digaruk.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku sudah membaca surat yang dikirimkan oleh tukang becak.

“Kemarin (tukang becak) sudah datang ke saya dan bilang galau. Alasannya, mereka tak punya hak untuk usaha,” kata Basuki, di Balai Kota, Kamis (28/1/2016).

Basuki mengatakan, tukang becak memiliki hak untuk usaha dan memiliki pekerjaan, tetapi bukan dengan mengayuh becak. Basuki mengaku sudah bertoleransi kepada para tukang becak untuk dapat beroperasi di lingkungan permukiman serta pasar.

“Eh, lama-lama dia makin ke jalan raya, sampai by pass juga ada mereka. Aduh, kalau mau bicara transportasi ramah lingkungan, balik lagi zaman baheula saja,” kata Basuki.

Basuki pun mengimbau para tukang becak untuk mencari mata pencarian lainnya. Lagi pula, lanjut dia, pelarangan operasional becak di Jakarta sudah ada sejak mantan Gubernur DKI Jakarta Wiyogo Atmodarminto.

“Tukang becak itu juga kebanyakan orang-orang daerah. Jadi ya enggak bisalah, kami sudah ada perda dari zaman Pak Wiyogo, masa mau dibalikin lagi,” kata Basuki.

Ratusan tukang becak ini tidak terima atas tindakan Satpol PP DKI Jakarta mengangkut becak setiap dini hari, yakni pukul 00.00-03.00. Becak itu diangkut ke Cakung, Jakarta Timur.

Pengangkutan becak oleh Satpol PP DKI dilakukan pada akhir tahun 2015 dan awal tahun 2016. Sebab, keberadaan becak melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum serta Pasal 29 Perda Nomor 8 Tahun 2007.

Ratusan tukang becak itu pun membawa surat keluhan kepada Basuki yang berisi penghentian pengangkutan becak oleh Satpol PP DKI dan revisi Pasal 29 Perda Nomor 8 Tahun 2007 agar becak tetap diizinkan beroperasi di wilayah permukiman serta pasar.(***)

Most Popular

To Top