Hukum & Kriminal

Pemerintah Siapkan Revisi UU Tindak Pidana Pemberantasan Terorisme, Terutama Pencegahan & Deradikalisasi

2016-01-25 15.02.182

Ayonews, Jakarta

UU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme sangat mendesak untuk direvisi. Terutama soal aksi pencegahan dan deradikalisasi.

Revisi ini terkait dengan UU No 15/2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme direvisi. Materi untuk revisi itu pun telah disiapkan oleh pemerintah, kemudian dibahas oleh DPR.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan masalah revisi UU itu telah diserahkan Presiden Jokowi kepada Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

“Sekarang ini materi utamanya sudah dipersiapkan bersama kepolisian,” kata Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2016).

Pramono mengatakan, ada dua poin utama yang akan diusulkan pemerintah dalam revisi UU tersebut. Yakni masalah pencegahan dan deradikalisasi.

Diharapkan pada pekan depan materinya sudah siap untuk dibahas dan diserahkan kepada Presiden Jokowi untuk selanjutnya diserahkan kepada DPR.

“Dua tugas itu utamanya ada di kepolisian dan sebagian ada di BNPT. Mudah-mudahan minggu depan, draft akademik, naskah akademik atau daftar isiannya bisa dimasukkan supaya bisa menjadi bahasan sebelum DPR mengalami reses, karena banyak hal yang bisa diselesaikan,” kata Pramono.(***)

Most Popular

To Top