Gaya Hidup

Membangun Karakter, Mencipta Kemanusiaan dan Cinta

Oil Painting by ASUDEV - "Humanity Uprooted"

Ayonews, Jakarta

Kemanusiaan dan cinta merupakan suatu keutamaan, nilai moral bagi kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang hidup bermasyarakat dan berbudaya. Untuk mencipta keutamaan kemanusiaan dan cinta dalam lingkungan hidup manusia, cara yang tepat untuk itu adalah dengan membangun karakter yang kuat dalam pribadi masing-masing. Pembangunan dan pembentukan karakter yang kuat dapat kita mulai dari lingkungan keluarga sendiri hingga lingkungan yang lebih besar seperti sekolah, tempat kerja, bahkan negara kita secara keseluruhan. Dalam mewujudkan keutamaan kemanusiaan dan cinta, dibutuhkan pengembangan kekuatan karakter interpersonalkebaikan hati, dan kecerdasan sosial.

Kekuatan karakter interpersonal

Kekuatan karakter interpersonal mencakup kekuatan cinta yang membuat orang mampu menjalin hubungan dekat dengan orang lain lewat kegiatan berbagi dan peduli yang saling membalas, dalam kata lain ‘simbiosis mutualisme’.

Kebaikan hati

Kekuatan kebaikan hati mencakup kedermawanan, pemeliharaan, perawatan, kasih sayang, dan keinginan tulus dalam diri seseorang untuk berbagi kebahagian dan kebaikan dengan orang lain tanpa pandang bulu.

Kecerdasan sosial

Kecerdasan sosial mencakup kecerdasan emosional dan kecerdasan intrapersonal yang menunjang kemampuan seseorang untuk memahami pola pikir dan perasaan orang lain, serta dirinya sendiri. Ketika seseorang mampu mengembangkan kecerdesan sosialnya, dia akan mampu menempatkan diri sesuai kebutuhan orang lain tanpa mengorbankan kebutuhan diri sendiri, dengan begitu pengembangan karakter tidak hanya terdapat pada dirinya, tapi juga pada orang lain.

Ketika seorang individu mampu mengembangkan kekuatan-kekuatan karakter tersebut pada dirinya sendiri, maka ia akan memiliki kapasitas untuk membantu sesama manusia mengembangkan diri mereka dan bersama-sama mewujudkan keutamaan kemanusiaan dan cinta dalam lingkungan hidup sosial manusia. (NA)

Most Popular

To Top