Gaya Hidup

5 Kuliner Khas Aceh yang Patut Dicoba

Ayonews, Jakarta

“Ka leuh pajoh bu?” atau ” Sudah makan belum?”

Sebuah sapaan yang sering digunakan masyarakat Aceh dalam menyambut tamunya. Bukan sekedar untuk menunjukan keramahan saja, namun juga untuk mengikuti tradisi yang telah ada. Memberi santapan merupakan salah satu cara dalam memuliakan tamu yang biasa mereka sebut ‘Pemulia Jamee’.

Tak hanya itu saja, dalam masakan Aceh pun terdapat banyak perpaduan kebudayaan seperti Arab, India, Spanyol, Cina hingga Belanda. Tetapi yang paling dominan tentu saja masakan Arab dan India yang terkenal dengan bumbunya yang ledak atau sangat kuat.

Makanan merupakan salah satu bagian terpenting bagi masyarakat Aceh, khususnya masakan Aceh itu sendiri. Kuliner Aceh yang beragam secara bentuk dan rasa memperkuat alasan mengapa kuliner Aceh patut dicoba. Inilah 5 kuliner khas Aceh yang patut kita coba.

 

 

 

ayam-tangkap1. Ayam Tangkap 

 

Ayam Tangkap merupakan makanan khas Aceh yang paling sering dibicarakan orang. Baik dari segi rasanya hingga dalam bentuk penyajiannya. Ayam digoreng berbumbu lalu ditutupi dengan daun temurui di atasnya. Sangatlah enak ketika dimakan dengan nasi dan sambal kecap khas Aceh juga.

 

 

mie aceh

2. Mie Aceh

Mie khas Aceh bisa dimakan sesuai selera kita secara rebus, goreng ataupun basah. Biasa ditawarkan dengan berbagai macam lauk seperti kepiting, cumi-cumi, udang dan lain-lain.

 

 

 

ikan kayu

3. Ikan Kayu

Eungkot Keumamah atau yang biasa disebut Ikan Kayu ini sudah terkenal sejak masa peperangan di Aceh. Ikan yang dikeringkan dan terlihat seperti serpihan kayu ini sering sekali menjadi makanan pilihan masyarakat Aceh. Selain enak dimakan, ikan kayu juga mampu bertahan cukup lama sampai masa kadaluwarsa.

 

 

 

es timun

4. I boh Timon

I boh timon dibuat dari timun yang diserut lalu dijadikan seperti sop buah. Biasanya dipakaikan gula atau sirup untuk memberikan rasa manis. Minuman ini bermanfaat sebagai penetralisir agar mengurangi resiko terjadinya darah tinggi.

 

 

daging putih

5. Daging Masak Putih ( Sie Reboh Puteh)

Daging sapi yang direbus dengan santan dan bumbu lainnya ini memiliki rasa yang unik. Sangat cocok bagi pencinta kuliner yang tidak sanggup makan pedas karena rasanya cukup manis. (NA)

 

 

Most Popular

To Top