Internasional

Remaja 17 Tahun Tembak Mati Guru, Anak Walikota dan 2 Temannya

5F4WbpzVrv

Ayonews, Kanada

Seorang remaja berusia 17 tahun di Kanada telah dikenakan dakwaan empat pasal pembunuhan tingkat pertama setelah penembakan di provinsi Saskatchewan Kanada.

Remaja laki-laki – yang tidak diungkapkan namanya karena masih dibawah umur – juga didakwa dengan empat pasal upaya pembunuhan.

Dakwaan tersebut karena telah menembak mati empat orang dalam peristiwa penembakan di sekolah komunitas La Loche dan lokasi lainnya.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan, serangan yang terjadi pada Jumat di komunitas terpencil ini merupakan “mimpi buruk bagi setiap orangtua”.

Dalam konferensi pers pada Sabtu (23/01), Grant St Germaine dari Royal Canadian Mounted Police (RCMP) mengatakan tersangka akan hadir dalam persidangan pekan depan.

“Hari-hari dan minggu-minggu mendatang akan menjadi lebih sulit akibat dampak dari peristiwa yang telah terjadi di komunitas kita,” jelas dia.

“Ini merupakan waktu yang menyedihkan dan sulit serta tidak ada kata-kata yang dapat menghilangkan rasa sakit dan penderitaan akibat peristiwa tersebut.”

RCMP mengatakan Dayne Fontaine, 17 tahun, dan saudara laki-lakinya Drayden, 13 tahun, tewas ditembak di dalam sebuah rumah. Pria bersenjata itu kemudian menuju sekolah, dan menewaskan guru Adam Wood, 35 tahun, dan asisten guru berusia 21 tahun Marie Janvier, anak perempuan pejabat sementara walikota Kevin Janvier.

Tersangka kemudian dilumpuhkan dan ditahan. Sampai saat ini motif penembakan masih belum diketahui dengan jelas.

Para saksi mata yang berada di sekolah ketika penembakan terjadi mengatakan teriakan terdengar di ruangan sekolah dan puluhan orang terkena tembakan.

RCMP mengatakan petugas diberitahu mengenai peristiwa penembakan itu ada 13:00 waktu setempat dan berhasil menangkap tersangka dalam 45 menit seperti disampaikan dalam laporan media Canada CBC. Sekolah komunitas La Loche memiliki 900 murid dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat 12 ( atau kelas tiga SMA).

“Saya berlari keluar sekolah,” kata Noel Desjarlais, seorang murid kelas 10, kepada CBC.

“Banyak sekali teriakan, dan sekitar enam orang, tujuh tembakan sebelum saya pergi keluar. Saya yakin lebih banyak tembakan setelah saya keluar.” La Loche memiliki komunitas aborigin terbesar sekitar 3.000 orang.(***)

Most Popular

To Top