Internasional

AS Akhirnya Kerahkan 3500 Tentara Usir ISIS dari Irak & Suriah

2016-01-24 18.07.10

Ayonews, Washington

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Ashton Carter menginginkan pasukan darat AS turun ke medan perang melawan langsung tentara Islamic States (ISIS).

Carter menyerukan dilanjutkannya pengerahan tentara Amerika di wilayah Irak dan Suriah. Ia mengatakan pasukan koalisi pimpinan AS akan menempatkan pasukan didarat di Irak dan Suriah.

“Kami ingin melakukan lebih (serangan darat) karena kita perlu melakukan hal yang lebih, karena kita perlu untuk mengalahkan ISIS. Saya yakin kami bisa, tapi saya ingin mempercepat proses itu,” kata Carter dalam sebuah wawancara dengan CNBC seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (23/1/2016).

Carter juga mengatakan bahwa sekutu AS dalam perang melawan IS bisa berbuat lebih banyak. Ia juga menambahkan bahwa yang menguasai Mosul dan Raqqa ini harus dikalahkan.

“Kita perlu untuk menghancurkan mereka di dua tempat itu dan saya ingin melanjutkannya sesegera mungkin,” kata Carter menekankan.

Oktober lalu, Presiden AS Barack Obama menegaskan bahwa AS tidak akan mengirim pasukan darat ke Suriah untuk bergabung dengan operasi terhadap ISIS.

Pada bulan yang sama, Carter mengatakan, Pentagon tidak mengesampingkan untuk melakukan serangan darat terhadap ISIS.

Amerika Serikat saat ini menempatkan sekitar 3.550 anggota militer di Irak, dan sekitar 2.750 dari mereka mendukung pasukan keamanan Irak sebagai pelatih, penasihat atau staf pembantu. Di Suriah terdapat kurang dari 50 pasukan khusus Amerika.(***)

Most Popular

To Top