Gaya Hidup

5 Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak

Ayonews, Jakarta

Seringkali orangtua lebih fokus mengedepankan kesehatan dan perkembangan tubuh anak dibandingkan perkembangan kecerdasan otak anak. Padahal keduanya sama penting, dan setiap anak berhak untuk mendapat bimbingan yang tepat untuk memperoleh pertumbuhan yang baik bagi tubuh mereka sekaligus kecerdasan otak. Salah satu cara termudah untuk mewujudkan kedua hal tersebut adalah lewat asupan nutrisi dari makanan. Makanan yang bergizi akan memberi dampak yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak yang meliputi seluruh anggota tubuh hingga otak. Berikut adalah daftar 5 makanan bergizi khusus untuk meningkatkan dan menunjang kecerdasan otak anak.

 

1. Susu dan produk susu

susu

Susu beserta produk olahan susu seperti yogurt dan mentega merupakan asupan yang sangat baik untuk perkembangan kecerdasan otak anak. Kandungan gizi seperti protein, kalsium, kalium dan vitamin D yang terdapat dalam susu sangat berguna untuk pengembangan syaraf dan jaringan otak anak.

2. BerriesSummer fruit salad ingredients, strawberry, blackberry, cherry

Berries seperti stroberi, bluberry, dan raspberry berperan sebagai pengurang stres oksidatif pada anak dengan anti-oksidan dan vitamin C yang terkandung di dalamnya.

egg and nuts

3. Telur dan kacang

Kolin merupakan senyawa yang sanggup meningkatkan produksi sel induk memori pada otak. Telur dan kacang, selain terkenal sebagai asupan yang kaya akan protein, juga kaya akan kandungan kolin yang sangat berguna untuk kecerdasan otak anak.

4. Whole Grain / Gandum Utuh

whole-grains-good-bad-480x250

Whole Grain atau biji-bijian seperti oat, beras merah, dan gandum merupakan jenis makanan pokok yang memang sudah menjadi kebutuhan wajib untuk menjaga aktivitas tubuh secara keseluruhan dan juga menjaga otak. Kandungan seperti vitamin B dan glukosa dalam biji-bijianlah yang membuat makanan jenis ini bertugas sebagai makanan pokok, mendasar, bahkan wajib.

salmon food

5. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan asupan yang sangat berguna untuk menajamkan memori anak karena kekayaan asam lemak omega 3 DHA dan EPA sebagai penunjang perkembangan otak anak.

(NA/TAB)

Most Popular

To Top