Hukum & Kriminal

1529 Eks Pengikut Gafatar Dipulangkan, Pelaku Dihukum Berat

index

Ayonews, Jakarta

Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) rontok. Ribuan anggotanya yang tersebar di seluruh nusantara mulai berkurang. Hal ini ditandai dengan kepulangan ribuan eks pengikut Gafatar dari berbagai daerah untuk dikembalikan ke kampung halamannya masing-masing.

Sebanyak 1.529 mantan pengikut Gafatar mulai hari ini akan tiba di pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk dikembalikan ke daerahnya masing-masing. Sebelumnya mereka akan dibina agar tidak kembali ke aliran sesat, sementara pelaku terancam hukuman berat.
“Jadi para korban itu diambil kemudian mereka diminta bertaubat dan bersyahadat kembali, kemudian dilakukan pembinaan aqidah dan syariah,” kata Ketua Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI Utang Ranu Wijaya yang merupakan anggota Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) usai konferensi pers di Kejagung, Jl Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (21/1).

Pembinaan seperti itu akan lebih difokuskan kepada korban. Hal itu karena korban lebih mudah dibina.

“MUI nanti setelah mengeluarkan fatwa, biasa yang menjadi konsen MUI adalah pembinaan terutama pada para korban. Biasanya kalau pada para pelaku agak susah,” ujar Utang.(TON)

Most Popular

To Top