Business

Menteri ESDM : Freeport belum setor dividen selama 3 tahun

20151016_044049_harianterbit_freeportPemerintah berkeras ingin memiliki 10,64 persen saham divestasi Freeport Indonesia. Dengan begitu, kekuatan pemerintah untuk mengambil dividen dari perusahaan tambang tersebut bisa meningkat.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan Freeport Indonesia belum menyetor deviden kepada pemerintah dalam tiga tahun terakhir. Ini lantaran Freeport mengaku hanya untung kecil.

“Dividen itu kan diputuskan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS),” kata Sudiman di kantornya,  Jakarta, Rabu (20/1).

Saat ini, pemerintah hanya menjadi pemegang saham minoritas di Freeport Indonesia. Ini lantaran saham yang digenggam hanya sebesar 9,36 persen.

Alhasil, pemerintah tak bisa berbuat banyak jika Freeport tak membagikan dividen. Kekuatan suara pemerintah bisa bertambah jika sukses menggengam sisa saham divestasi Freeport sebesar 10,64 persen.

“Dibagi atau tidak tergantung suara kita juga di RUPS,” katanya. “Tapi mesti digarisbawahi kalau 20 persen saham itu masih tetap minoritas.”

Most Popular

To Top